BENTUK JARINGAN CLIENT SERVER MENGGUNAKAN TOPOLOGI UNTUK KOMUNIKASI LAN




JURNAL ILMIAH
BENTUK JARINGAN CLIENT SERVER MENGGUNAKAN TOPOLOGI UNTUK KOMUNIKASI LAN




Rina Permata Sari (1116101366)

DOSEN PEMBIMBING
Agus Riyono, M.Pd



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER PGRI BANYUWANGI
Jl. Jenderal Ahmad Yani No.80, Tukangkayu
2017 - 2018




ABSTRAK
Pada era globalisasi, jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Dimana untuk meneruskan informasi yang lebih menyebar membutuhkan wawasan yang lebih luas. Beberapa bentuk jaringan salah satunya adalah Client Server.
 Dengan adanya jaringan komputer, sebuah perusahaan akan mudah dan cepat dalam berbagi data. Adanya topologi jaringan yang dibutuhkan dalam menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lain yang dapat membentuk menjadi sebuah jaringan, penggunaan topologi jaringan didasarkan pada kecepatan akses data. Setiap topologi jaringan komputer akan memiliki perbedaan dari berbagai segi misalnya perbedaan kecepatan pengiriman data. Topologi jaringan sendiri membutuhkan perangkat jaringan yang berupa kabel LAN yang mampu menghubungan komputer satu dengan komputer yang lainnya
Dari masalah tersebut, kebanyakan orang hanya memakai tanpa mengetahui topologi jaringan mana yang cepat untuk mengakses informasi dan pengiriman data.  Maka dengan adanya jurnal ini, kalian akan mengetahui topologi jaringan mana yang mampu mengakses dengan cepat.
Kata Kunci : Jaringan Komputer, Client Server, Topologi  Jaringan,  LAN 

     
1.      Pendahuluan
Di era baru ini banyaknya kebutuhan manusia dalam akses data semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena pola pikir manusia yang terus berkembang. Saat ini bukan hanya perusahaan besar, perusahaan kecil pun telah menjadikan jaringan sebagai hal yang penting untuk membantu mengatasi masalah yang ada. Tetapi belakangan ini banyak orang yang beranggap proses dari jaringan komputer tidaklah penting, padahal proses tersebut merupakan kunci utama sebagai pengenalan. Hal ini disebabkan kurangnya jaringan komputer yang tidak mereka tahu, bahkan wawasan yang mereka tahu bisa dibilang sangat minim.
Jaringan komputer sendiri merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer- komputer yang di desain dapat terhubung satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer mimiliki tujuan untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi antar komputer yang terhubung dalam satu jaringan atau lebih singkatnya dikenal dengan istilah sharing.

Masalah tersebut adalah bagaimana cara kita mengetahui topologi jaringan mana yang dapat mengakses data ataupun informasi dengan cepat. 

Tujuan pembuatan jurnal ini adalah untuk menambah wawasan tentang jaringan client server dan penunjang jaringan yang menggunakan topologi jaringan sebagai akses penghubung dengan LAN.

Manfaatnya adalah agar dapat mengetahui segala bentuk topologi jaringan, dimana client server sebagai master dan kabel LAN sebagai alat penghubung.

2.      Teori Penunjang
2.1. Pengertian Client Server
Client Server adalah sebuah bentuk arsitektur, dimana client merupakan perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjelaskan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya.
Dalam teknologi informasi, client server merujuk pada acara mendistribusikan aplikasi ke pihak client dan pihak server. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Komponen server akan menerima permintaan layanan tersebut dan langsung memprosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data dan menampilkannya kepada pemakai dengan menggunakan aplikasi yag digunakan oleh pemakai.

Keuntungan Client Server :
-          Waktu respon yang lebih baik dalam pemrosesan.
-          Kontrol biaya operasional dan pengembangan yang lebih mudah.
-          Mengurangi tanggung jawab dan biaya overhead.
-          Akses data yang lebih besar bagi perusahaan
-          Sistem client server mengamankan transaksi data dan menyimpannya pada server untuk kemudian dapat di sharing, dimanipulasi, dianalisa dan secara local.

2.2  Topologi Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer biasa disebut suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa / banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain. Dan setiap jenis topologi jaringan komputer juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Ada banyak macam topologi diantaranya adalah :
  
a.      Topologi Jaringan Ring
Topologi ring atau topologi cincin adalah topologi jaringan komputer dimana setiap node terhubung ke dua node lainnya (1 node terhubung ke 2 node), sehingga berbentuk alur lingkaran (cincin).


Kelebihan Topologi Jaringan Ring
o   Biaya instalasi cukup murah (Hemat kabel)
o   Tingkat kerumitan pemasangan rendah (Mudah dirancang dan diinstalasi)
o   Transmisi data yang relatif sederhana seperti perjalanan paket dalam satu arah saja.
o   Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data.
Kekurangan Topolgi Jaringan Ring
o   Peka kesalahan jaringan, Sehingga jika ada masalah di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. tapi hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan cincin dual ring (Cincin Ganda).
o   Sulit untuk Pengembangan jaringan, karena menambah, mengubah dan memindahkan perangkat jaringan akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
Lebih sulit untuk dikonfigurasi daripada Topologi bintang
o   Kinerja komunikasi dalam jaringan sangat bergantung pada jumlah node/titik yang terdapat pada jaringan.

b.      Topologi Jaringan Bus
Topologi bus merupakan metode transmisi pada jaringan yang dapat digambarkan sebagai transmisi yang menggunakan kendaraan umum (Bus/Bis), oleh sebab itu jaringan BUS digolongkan sebagai komunikasi bersama.

 

Kelebihan Topologi Jaringan Bus
·      Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
·      Jika sebuah komputer gagal dalam jaringan, jaringan yang lain tidak terpengaruh dan mereka terus bekerja. Jaringan bus mudah dibuat dan sangat sederhana.
·      Jaringan bus menggunakan sedikit jumlah kabel (Hemat Kabel maka hemat biaya) serta sangat simpel.
·      Penerapannya tidak membutuhkan biaya besar dibanding topologi jaringan yang lainnya.

Kekurangan Topologi Jaringan Bus
·      Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka seluruh jaringan juga akan mengalami gangguan.
·      Dalam jaringan bus dibutuhkan sambungan jaringan untuk menentukan transfer data antara dua node.
·      Jika laju transfer data terlalu tinggi maka jaringan Bus tidak dapat berkerja dengan baik karena data pada stream tidak dapat boleh kelebihan beban.
·      Jaringan bus kurang cocok sebagai jaringan yang besar karena terdapat keterbatasan jumlah node yang dapat diatur untuk satu persatu kabel.

c.       Topologi Jaringan Star
Topologi ini mengacu pada jaringan dimana semua node yang terhubung secara individual untuk satu hub umum. pada star stasiun transmisi terhubung sedemikian rupa ke simpul pusat yang didesain menyerupai bentuk bintang. Pada dasarnya, desain Star sangat mirip dengan sebuah roda sepeda dengan jari-jari yang memancar dari pusat.

 

Kelebihan Topologi Jaringan Star
·      Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.
·      Tingkat keamanan tergolong tinggi.
·      Akses Kontrol terpusat.
·      Sangat mudah dalam memecahkan masalah, karena semua jenis jaringan komputer selalu tergantung pada hub sentral, artinya bahwa setiap masalah dalam pengoperasian jaringan yang dioperasi dapat ditelusuri ke hub pusat.
·      Penambahan atau pengurangan station dapat dikerjakan dengan mudah.
·      Paket-paket data tidak mesti membuat jalan melalui berbagai node yang akan menjamin transfer data dengan cepat.
·      Setiap masalah dalam satu node tidak akan mengganggu kinerja node lain dalam sebuah jaringan.
·       Menggantikan dan Menambahkan mesin baru sangat mudah dilakukan dalam topologi Star, serta tidak mengganggu jaringan ke node lainnya.

Kekurangan Topologi Jaringan Star
·      Biaya jaringan lebih mahal dari Ring dan Bus.
·      Ukuran dari jaringan ini bergantung pada berapa banyak koneksi dapat dibuat untuk hub.
·      Jika salah satu simpul banyak memanfaatkan porsi pengolahan kemampuan yang signifikan dari hub pusat, akan mempengaruhi kinerja node lain.
·      Kinerja seluruh jaringan secara langsung tergantung pada kinerja hub. Jika server lambat, akan menyebabkan seluruh jaringan jadi lambat.
·      Boros dalam pemakaian kabel.
·      Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.

d.      Topologi Jaringan Hybrid
Topologi Hybrid merupakan gabungan dari dua atau lebih topologi yang berbeda dan berpadu menjadi satu bentuk baru pada sistem jaringan komputer.

 

Kelebihan Topologi Jaringan Hybrid
·      Topologi Hybrid mengkombinasikan konfigurasi yang berbeda tapi dapat bekerja dengan sempurna untuk jumlah lalu lintas jaringan yang berbeda.
·      Salah satu keuntungan yang menonjol dari topologi hybrid adalah fleksibilitas nya. Topologi jaringan hybrid dirancang sedemikiana rupa sehingga bisa diterapkan pada sejumlah lingkungan jaringan yang berbeda.
·      Kecepatan topologi tergolong konsisten, seperti menggabungkan kelebihan dari setiap topologi dan menghilangkan kekurangannya.
·      Dapat dikombinasikan dengan berbagai topologi jaringan komputer lain tanpa perlu membuat perubahan apapun pada topologi yang sudah ada.

Kekurangan Topologi Jaringan Hybrid
·      Karena merupakan penggabungan beberapa bentuk topologi, maka pengelolaan topologi akan menjadi lebih sulit.
·      Konfigurasi dan Instalasi dari topologi ini sulit karena ada topologi yang berbeda yang harus dihubungkan satu dengan lainnya, pada saat yang bersamaan harus dipastikan pula bahwa tidak satupun dari node dijaringan gagal berfungsi sehingga membuat konfigurasi dan instalasi pada topologi hybrid menjadi rumit.
·      Dari segi ekonomis, jaringan hibrid sulit dipertahankan karena membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan topologi jaringan yang murni atau dalam satu bentuk. Faktor biaya ini berhunungan dengan biaya penambahan hub dan Biaya pengkabelan yang meningkat.

e.       Topologi Jaringan Tree
Topologi tree atau sering disebut topologi pohon, merupakan topologi jaringan komputer yang secara hirarki merupakan kombinasi dari topologi bus dan star.

 

Kelebihan Topologi Jaringan Tree
·      Merupakan topologi yang baik untuk jaringan komputer yang besar dibanding jenis topologi komputer lainnya seperti star dan ring yang tidak cocok untuk skala seluruh jaringan. Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang mudah diatur.
·      Semua komputer pada topologi tree memiliki akses segera ke node tetangga dalam jaringan dan juga hub pusat. Jaringan tree memungkinkan beberapa perangkat jaringan dihubungkan dengan hub pusat.
·      Topologi tree memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point.
·      Topologi tree menyediakan cukup ruang untuk ekspansi jaringan pada masa depan
Kekurangan Topologi Jaringan Tree
·      Sering terjadi tabrakan dan kinerjanya tergolong lambat
·      Ketergantungan dari seluruh jaringan pada satu hub pusat merupakan titik kerentanan untuk topologi ini. Kegagalan hub pusat atau kegagalan utama data cable trunk, bisa melumpuhkan seluruh jaringan.

2.3 Kriteria dan Bagian Jaringan Komputer
A. Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, dan sekolah. LAN seringkali menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. Tempat – tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.


 
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, bebeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Keuntungan Jaringan LAN :
-    Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
-    File data yang keluar/ masuk dari server atau ke server dapat di control.
-    Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
-    Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.

B.  Metropolitant Area Network (MAN)
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.

  
          Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor   pusat yang berada dalam jangkauannya.

        C.     Wide Area Network (WAN)
   WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris "Wide Area                Network" merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu           jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai         jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

 

WAN digunakan untuk menghubungkan  jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
-          Urutan ke 1 : Putih Orange
-          Urutan ke 2 : Orange
-          Urutan ke 3 : Putih Hijau
-          Urutan ke 4 : Biru
-          Urutan ke 5 : Putih Biru
-          Urutan ke 6 : Hijau
-          Urutan ke 7 : Putih Coklat
-          Urutan ke 8 : Coklat

3  3.      Kesimpulan
Setiap jenis topologi jaringan memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing, maka kita harus benar-benar memperhatikan kelebihan dan kekurangan pada masing-masing topologi jaringan saat kita akan memilih topologi apa yang akan kita terapkan. Pemilihan topologi jaringan biasanya didasarkan pada biaya, skala jaringan, tujuan, dan penggunaTetapi dari kekurangan dan kelebihannya masing- masing, yang lebih mudah di akses adalah Topologi Star. Topologi ini mengacu pada jaringan dimana semua node yang terhubung secara individual untuk satu hub umum. Pada star stasiun transmisi terhubung sedemikian rupa ke simpul pusat yang didesain menyerupai bentuk bintang.

    4.      Pengembangan Kedepan
            Untuk kedepannya, perlu adanya pengetahuan tentang berbagai macam jaringan yang masih belum berkembang dan yang masih sulit untuk di akses. Lebih mendominankan komunikasi layanan sebagai tolak ukur untuk masyarakat kedepan. Menciptakan jaringan yang mudah di terapkan pada jumlah yang cukup memadai.

    5.      Daftar Pustaka
e.file:///E:/Materi Semester 2/Network Fundamental/Hap2y2., Green Silver CARA MEMBUAT JARINGAN CLIENT SERVER.htm
f.   file:///E:/Materi Semester 2/Network Fundamental/Betty meigara makalah client server.htm



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KAUM REMAJA

MEMBUAT JARINGAN INTERNET DI SEBUAH DESA