ARTIKEL PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KAUM REMAJA
NAMA : MEICHAEL ANGRRIANTORO
NIM : 1116101345
NIM : 1116101345
ARTIKEL
PENGARUH
GAME ONLINE TERHADAP KAUM REMAJA
Oleh
MEICHAEL ANGGRIANTORO
NIM 1116101345
SEKOLAH
TINGGI ILMU KOMPUTER BANYUWANGI
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur Penulis Panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan
Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun Artikel
ini tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan jurnal
ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan
dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Oleh karena itu, penulis
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyusunan artikel ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang
setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis menyadari bahwa artikel
ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya.
Kritik dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan artikel selanjutnya.
Akhir kata semoga Allah memberkahi jurnal ini sehingga
benar-benar bermanfaat bagi kita sekalian.
Banyuwangi, Mei 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul.................................................................................................. .... i
Kata
Pengantar ..................................................................................................... ii
Daftar
Isi............................................................................................................... iii
Abstraksi............................................................................................................... iv
BAB
1 PENDAHULUAN................................................................................... 1
BAB 2 METODE
PENELITIAN......................................................................... 3
BAB 3 HASIL DAN
PEMBAHASAN................................................................ 4
3.1 Pengertian Game Online..................................................................... 4
3.2 Pengaruh Game Online terhadap Remaja .......................................... 4
3.3 Dampak Positif dan Negatif dari Game Online Terhadap Remaja..... 4
3.4 Pengendalian agar Terhindar dari Dampak Negatif Game Online..... 5
BAB
4PENUTUP................................................................................................. 7
A.
Kesimpulan............................................................................................ 7
B.
Kekurangan dan
Kelebihan.................................................................... 7
C.
Pengembangan
Kedepannya................................................................. 7
Daftar
Pustaka....................................................................................................... 8
ABSTRAKSI
PENGARUH
GAME ONLAIN TERHADAP KAUM REMAJA
Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk: (1) mengetahui penjelasan dari game online (2)
mengetahui pengaruh game online terhadap remaja (3) Bagaimanakah dampak positif
dan negatif game online
bagi kehidupan remaja saat ini (4) untuk mengetahui pengendalian yang dilakukan
agar terhindar dari pengaruh negatif dari game online.
Game
online
sendiri merupakan wadah bermain yang sangat digemari remaja, dimana game online sendiri mempunyai beberapa
daya tarik yang membuat remaja lebih memilih bermain dari pada belajar, hal
tersebut dibuktikan dengan banyaknya remaja sering membolos dan menghabiskan
waktu di depan computer dari pada buku, sehingga menyebabkan aktivitas
sekolahnya terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan
mendiskripsikan faktor-faktor penyebab remaja lebih suka game online, serta mengidentifikasi pengaruh game online terhadap
prestasi remaja dan mendiskripsikan cara mengatasi kecanduan game online. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan metode kualitatif, pemilihan informan, orang-orang di ambil
berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sendiri oleh peneliti sesuai dengan
latar dan tujuan dalam penelitian, adapun informan dalam penelitian tersebut
adalah pemain game online, orang tua informan, dan juga pemilik game
online tersebut. Dari hasil penelitian yang ditemukan faktor-faktor
penyebab game online lebih disukai
adalah game online lebih menarik daripada pelajaran disekolah, pengaruhnya bagi
prestasi remaja tersebut yaitu menurunya prestasi belajar remaja, dan cara
mengatasi kecanduan game online yaitu
didikan orang tua sangat diperlukan terutama dalam masalah belajar, remaja
lebih ditekankan untuk belajar dari pada bermain game online, pemberian motivasi belajar bagi remaja sangatlah
penting.peran kedua orang tualah yang sanggat penting .
Kata
Kunci: Game Online, remaja
BAB 1
PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi di Era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat
kita peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya
perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan
berbagai alat atau sarana, salah satunya sarana untuk penyegaran, seperti bermain
game online. Game online sangat berkembang pesat akhir-akhir ini, semakin lama,
permainannya semakin menyenangkan. Mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis
permainan, resolusi gambar dan sebagainya. Tak kalah juga bervarisasinya tipe
permainan seperti permainan perang, petualangan, perkelahian dan game online
jenis lainnya yang membuat menariknya permainan. Semakin menarik suatu
permainan maka semakin banyak orang yang memainkan game online tersebut.
Pemkaian game online di dominasi oleh kalangan pelajar, mulai dari TK, SD, SMP,
dan SMA. Hal ini dapat diketahui dari
banyaknya warnet dan game center yang ada di kota besar maupun kota kecil yang
main game online di dalamnya adalah pelajar. Pelajar yang sering memainkan
suatu game online akan menyebabkan anak menjadi ketagihan. Ketagihannya
memainkan game online akan berdampak baginya, terutama dari segi akademik
karena masih dalam usia sekolah.
Game online, kata yang
sering digunakan untuk merepresentasikan sebuah permainan digital yang sedang
marak di zaman yang modern ini. Game online ini banyak dijumpai di
kehidupan sehari-hari. Walaupun beberapa orang berpikir bahwa game online identik
dengan Komputer, game tidak hanya beroperasi di komputer. Game dapat
berupa konsol, handled, bahkan game juga ada di telepon genggam. Game
online berguna untuk refreshing atau menghilangkan rasa jenuh si
pemain baik itu dari kegiatan sehari-hari (kerja, belajar, dan faktor lainnya)
maupun sekadar mengisi waktu luang. Pada hakikatnya sebuah penelitian
dilakukan untuk menemukan sesuatu yang belum ada sebelumnya (mengungkapkan
kebenaran sebagai manifestasi rasa/ hasrat ingin tahu manusia), menguji
kebenaran suatu ilmu pengetahuan yang sudah ada untuk diuji sekali lagi karena
data-data atau kesimpulan diragukan kebenarannya atau mengembangkan,
memperluas, dan menggali lebih dalam suatu teori atau problematika leilmuan
menjadi lebih dalam.
Pemilihan tema penelitian merupakan kunci atau langkah
awal dalam sebuah penelitian. Pengaruh game online terhadap perilaku remaja merupakan
sebuah tema yang dipilih karena peneliti ingin membuktikan adanya keterkaitan
antara kecanduan game online terhadap perilaku remaja. Seperti yang kita ketahui, kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan.
Kejelian untuk memilih mana yang baik dan buruk mutlak diperlukan agar tidak
terbawa arus yang negatif. Sayangnya usia remaja dikenal rentan terhadap
berbagai tantangan teknologi. Kelabilan cara berfikir demi kepuasan semata
kerap kali menyeret remaja pada kesenangan yang bila dibiarkan terus menerus
akan menimbulkan kecanduan.
Penelitian
ini dilakukan di “Smart Net” yang
terletak di Jalan Raya Rogojampi. Warnet yang berdiri kurang lebih setahun yang
lalu ini tampak ramai pada hari Kamis, 2 Mei 2017 karena hari itu bertepatan
dengan hari sekelah . Meskipun kondisi warnet saat itu sangat ramai hingga
hanya ada satu kursi tersisa,
namun sangat sulit untuk
mewawancarai gamers yang sedang asyik bermain game online. Dari
beberapa sampel yang diwawancarai peneliti, seorang gamers setidaknya
membutuhkan waktu rata-rata 5-6 jam sehari untuk bermain game. Bisa dibayangkan
bila waktu ini dapat digunakan untuk kegiatan positif lainnya yang bermanfaat.
Bila ditelisik lebih lanjut, hal ini jelas mengurangi jam belajar remaja gamers
yang notabene masih seorang peserta didik. Kesenangan bermain game yang menyenangkan
membuat remaja lupa waktu belajar.
BAB 2
METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode:
1. Pengumpulan
data mengenai penjelasan tentang game onlain dan pengaruhnya bagi remaja dengan
membuka situs-situs dari internet yang dapat dipercaya dan membaca buku yang berkaitan tentang
pengaruh game onlain bagi kalangan remaja,
2. Lokasi
penelitian di “Smart
Net” yang terletak di Jalan Raya Rogojampi. Penelitian dilakukan pada hari
Kamis, 2 Mei 2017 pukul 12.15 WIB. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai
gamers. Pada saat itu kondisi warnet sangat ramai oleh para gamers yang
rata-rata remaja dan anak-anak.
3. Menganalisa
permasalahan dan menyimpulkan masalah tersebut untuk dijadikan sebagai bahan
pertimbangan untuk menanggulangi masalah yang terjadi akibat dampak negatif
yang ditimbulkan oleh penggunaan media sosial.
BAB 3
HASIL DAN
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian
Game Online
Game online sendiri merupakan
wadah bermain yang sangat digemari remaja, dimana game online sendiri mempunyai beberapa daya tarik yang membuat
remaja lebih memilih bermain dari pada belajar, hal tersebut dibuktikan dengan
banyaknya remaja sering membolos dan menghabiskan waktu di depan computer dari
pada buku, sehingga menyebabkan aktivitas sekolahnya terganggu.
3.2 Pengaruh
Game Online terhadap Remaja
Bermain game online pada remaja memiliki dampak
positif dan negatif. Dampaf positif dari bermain game online yaitu dapat
mengaktifkan sistem motorik, dengan koordinasi yang tepat antara informasi yang
diterima oleh mata kemudian di teruskan ke otak untuk diproses dan diperintahkan
kepada tangan untuk menekan tombol tertentu. Game online dapat mendorong
remaja menjadi cerdas, karena pemain game online menuntut daya analisa yang
kuat dan perencanaan strategi yang tepat agar bisa menyelesaikan permainan
dengan baik. Kelebihan yang bisa diperoleh oleh remaja dalam bermain game
online adalah meningkatkan konsentrasi.
Bermain game online memang dapat berdampak positif,
tetapi jika dibiarkan berlarut-larut hingga mengarah pada adiksi tentu akan
memberikan dampak negatif, diantaranya remaja menjadi tidak memiliki skala
prioritas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mendorong remaja untuk
bertindak asosial, karena aktivitas bermain game online cukup menyita waktu
berkomunikasi, baik berkomunikasi dengan keluarga maupun teman sebaya. Menimbulkan
kemalasan belajar, disebabkan kelelahan yang ditimbulkan setelah bermain game
online, sehingga dapat memicu tindakan kekerasan, karena remaja mengimitasi
tokoh secara berlebihan, sehingga meniru seluruh prilaku yang di tampilkan
tokoh dalam permainan tanpa mempertimbangkan apakah hal tersebut berbahaya atau
tidak. Perilaku imitasi yang berlebihan ini dapat pula memicu tindakan
kriminal, tanpa pengetahuan remaja, bahwa menyakiti orang lain secara fisik
adalah suatu tindakan kriminal.
3.3 Dampak Positif
dan Negatif dari Game Online Terhadap Remaja
Adapun lebih detail mengenai dampak positif dan negatif
dari game online yang membuat remaja kecanduan terhadap game online. Dampak positif
dan negatif antara lain:
A. Dampak Positif dari Game Online
1. Menghilangkan Kepenatan
2. Dapat memberi rasa rileks dan
mengendurkan urat saraf dari kesibukan rutin atau kecapekan setelah bekerja.
3. Melatih kemampuan untuk memusatkan
perhatian dan konsentrasi pemainnya.
4. Melatih memecahkan masalah dengan
mempergunakan analisa.
5. Melatih kemampuan untuk mengatur
sistematis kerja untuk mencapai tujuan.
6.
Mengembangkan
kecepatan reaksi dan persepsi audio visual.
7. Tidak membuat orang gampang putus asa.
8. Melatih mengembangkan kesabaran dan
ketekunan.
9. Melatih mengembangkan imajinasi dan
kreativitas berpikir secara lebih luas.
10. Membentuk rasa percaya diri.
B. Dampak Negatif dari Game Online
1. Dapat menurunkan Kesehatan pemain.
2. Menimbulkan Kemalasan dan tindakan
kriminal
3. Dapat membuat pemainnya lupa waktu,
lupa belajar, lupa tugas dan tanggung jawab.
4. Dapat membuat pemainnya tidak produktif
karena waktunya habis dipergunakan untuk bermain game online.
5. Dapat meningkatkan sikap agresivitas
pemainnya, karena pengaruh aksi-aksi kekerasan yang terbiasa disaksikannya.
6. Dapat menyebabkan anti sosial, karena
keranjingan main game online.
7. Dapat menyebabkan ketegangan emosional
antara orang tua dengan anak yang kecanduan.
Banyak penyebab yang ditimbulkan dari kecanduan game
online, salah satunya karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan
permainan sampai tuntas. Selain itu, karena sifat dasar manusia yang selalu
ingin menjadi pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah
permainan. Dalam game online apabila point bertambah, maka objek yang akan
dimainkan akan semakin hebat, dan kebanyakan orang senang sehingga menjadi
pecandu. Penyebab lain yang dapat ditelusuri adalah kurangnya pengawasan dari
orang tua, dan pengaruh globalisasi dari teknologi yang memang tidak bisa dihindari.
3.4 Pengendalian agar Terhindar dari Dampak Negatif Game
Online
Tempat-tempat game online sekarang sudah banyak dan mudah dijumpai baik di
perkotaan atau pun dipedesaan, jadi perkembangannya menjadi lebih mudah. Yang
dibahayakan dari dampak game online ini sangat buruk terutama untuk psikis dan
fisik pada usia remaja. Beberapa tips atau Solusi cara mengatasi kecanduan Game
online,Antara Lain :
1. Bersungguh – Sungguh (Niat)
Langkah pertama
agar bisa berhenti kecanduan harus ada niat dalam diri sendiri yaitu harus
bersungguh-sungguh atau berjanji dengan diri anda sendiri tidak akan main game
online lagi, namun awalnya pasti begitu sulit untuk melakukannya, tapi lambat
laun pasti akan bisa.
2. Mempunyai Pikiran Hemat
Dengan
menghitung banyaknya uang yang dikeluarkan untuk bermain game online di warnet
akan membuat seseorang lebih berpikir untuk tidak menghabiskan uangnya demi
game online.
3. Mencari aktivitas lain
Mencari
aktivitas lain yang positif dan lebih bermanfaat terutama kebiasaan yang disukai,
seperti berolahraga, membaca buku atau berekreasi. Sehingga tidak ada waktu
kosong untuk bermain game online.
4. Membatasi Waktu Bermain Game Online
Mengurangi
waktu bermain dengan mulai menentukan jam bermain dan hari bermain dan
diusahakan mematuhi jadwal tersebut. Untuk tahap awal sehari bermain 3 jam dan
untuk hari-hari berikutnya dikurangi sedikit demi sedikit.
5. Jangan Bergaul dengan Pemain Game
Maksut dari hal
ini bukan tidak boleh berteman dengan pemain game melainkan jangan terlalu
akrab karena ajakan dan pengaruh teman akan gampang mempengaruhi untuk bermain
game online lagi.
6.
Meminta Bantuan
Orang Terdekat
Maksutnya meminta orang terdekat untuk sementara menjadi
pengingat setiap kali hendak ke warnet atau ingin bermain game. Akan sangat
baik apabila dia bukan seorang gamers juga.
BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Game Online atau Online Games adalah
sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN
maupun Internet). Bermain game online pada remaja memiliki dampak positif dan
negatif. Dampaf positif dari bermain game online yaitu dapat mengaktifkan
sistem motorik, dengan koordinasi yang tepat antara informasi yang diterima
oleh mata kemudian di teruskan ke otak untuk diproses dan diperintahkan kepada
tangan untuk menekan tombol tertentu. Dampak positif dari bermain game online
salah satunya adalah menghilangkan kepenatan sedangkan dampak negatif dapat
menurunkan kesehatan pemain.
4.2 Saran
Bagi remaja sebaiknya mengurangi waktu untuk bermain game
online. daripada bermain game online yang menghabisakan uang dan waktu
sebaiknya kaum remaja pecandu game mengisi waktu dengan hal-hal yang
positif atau lebih bermanfaat serta mengeluarkan uang sesuai dengan
kebutuhan.
DAFTAR PUSTAKA
Fahrul
Alam,M.2010.”Pengertian Game Online dan Sejarahnya”.http://my.opera.com/mfahrul/blog/show.dml/10712381 (diakses 10
November 2013).
2012.”Pengertian
dan Tipe-tipe Game Online”. http://wicethe.wordpress.com/pengertian-dan-tipe-tipe-game-online/ (diakses 10
November 2013)
2012.”SEJARAH
GAME ONLINE”. http://wicethe.wordpress.com/sejarah-game-online/ (diakses 10
November 2013)
2012.”Fenomena
Dunia Visual”. http://evamasy.blogspot.com/2013/02/fenomena-dunia-virtual-studi-kasus.html
Artikel yang sangat bagus dan pembahasan game yang sangat menarik !!
BalasHapushttp://pkvgames.ontrapages.com/
Website Terpercaya Di Asia SahabatQQ
BalasHapushttps://idpkvgamesvip.com/ The game we aim at is gambling games. PKV games are the same games as betting.
BalasHapushttps://bandarqqpkv.wildapricot.org PkV Games qq is the name of a poker application on Android and iPhone iOS smartphones which is useful for members to play online poker.
BalasHapusyuk bergabung ke situs kami
BalasHapusSitus Slot Online
KANGTOTO
BalasHapusArtikel bagus, semoga masnya sehat selalu
BalasHapusTournaments with Prizes: Offer competitive tournaments with attractive prizes, such as cash, in-game items, or exclusive merchandise. Come visit our website https://www.deviantart.com/mlbbviral
BalasHapusInvite your friends, share strategies, and improve your game with other gamers. Come visit our website here https://medium.com/@beritagameonline
BalasHapus